5 Penyebab Sakit Gigi dan Cara Mengobatinya

Penyebab Sakit Gigi

Sakit gigi dapat menyerang siapapun dari semua umur. Seringkali, nyeri pada gigi begitu mengganggu hingga menghalangi pekerjaan keseharian. Oleh karena itu, sakit gigi tidak dapat dipandang sepele. Baiknya, ketahui 5 pemicu serta langkah menyembuhkan sakit gigi di bawah ini :

1. Tumbuh Gigi

Pada seorang dewasa, umumnya sakit gigi dikarenakan oleh tumbuhnya gigi bungsu atau molar paling akhir. Karena posisinya yang ada dibagian belakang rahang, nyeri karena tumbuh gigi molar akan dibarengi dengan pusing serta abuh di bagian itu.

Untuk mengatasinya, kamu bisa minum obat pereda nyeri seperti parasetamol atau ibuprofen. Bila ada abuh, obat generik seperti asam mefenamat dapat menolong. Akan tetapi, bila perasaan nyeri begitu mengganggu, baiknya kerjakan rontgen serta pikirkan untuk mencabut gigi yang akan tumbuh lewat operasi kecil.

2. Gigi Berlubang

Gigi yang berlubang dapat dikarenakan oleh rutinitas mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis, dan tidak rajin lakukan perawatan seperti sikat gigi serta berkunjung ke dokter.

Gigi berlubang dapat merembet jadi permasalahan baru karena syaraf gigi terbuka hingga bakteri dari luar ringan masuk. Langkah menyembuhkan sakit gigi sangat ampuh untuk permasalahan ini yaitu dengan bersihkan serta menambalnya. Karena itu, kamu akan memerlukan service profesional seperti yang di tawarkan oleh Orange Dental House.

3. Gingivitis

Gingivitis merupakan keadaan saat gusi alami pembengkakan. Bila tidak diakukan dengan selekasnya, pembengkakan dapat berbuntut pada abses atau peradangan pada gusi. Selanjutnya, bakteri yang masuk lewat abses dapat mengakibatkan kerusakan syaraf pada gigi serta memunculkan perasaan nyeri yang lebih hebat lagi.

Untuk menangani gingivitis, dokter gigi umumnya akan bersihkan serta mengeringkan nanah yang ada di abses. Kemudian, antibiotik dikasihkan pada pasien untuk pastikan tidak lagi ada bakteri didalam gusi.

4. Abrasi Gigi

Abrasi gigi kerap jadi pemicu gigi jadi lebih peka. Umumnya, keadaan ini dikarenakan oleh alur makan yang kurang baik serta langkah menyikat gigi yang salah. Mengakibatkan, susunan gigi terkikis serta membuatnya lebih rawan sakit saat kontak dengan air dingin atau panas.

Langkah menyembuhkan sakit gigi karena abrasi yaitu dengan memberikan susunan fluor yang berbentuk gel atau obat kumur. Bila abrasi telah kronis, dokter gigi dapat memperbaikinya dengan menambal susunan gigi.

5. Bruxism

Bruxism merupakan arti yang digunakan untuk seorang yang mempunyai rutinitas menggeretakkan gigi ketika tidur, kuatir, atau geram. Seringkali, pemicu bruxism dihubungkan dengan keadaan psikologis seorang.

Meskipun kerap berlangsung tanpa diakui pasien, keadaan bruxism dapat berbuntut pada sakit kepala, gigi, serta rahang yang cukuplah mengganggu. Pasien mungkin saja memerlukan therapy psikologis atau pemakaian pelindung gigi untuk menahan rusaknya selanjutnya.

Nah, bila kamu tengah alami keadaan diatas, baiknya selekasnya periksakan ke klinik atau dokter gigi paling dekat untuk mendapat perawatan yang pas, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *