Bukan Hoax, Smartphone Dapat Menyebabkan Kulit Cepat Menua

Smartphone Dapat Menyebabkan Kulit Cepat Menua

Berhubung warganet masih tetap ramai mengulas mengenai hoaks hp serta mata berdarah, kesempatan ini saya akan mengulas bahaya hp yang lainnya. Yap, lewat tulisan ini saya akan menulis mengenai dampak hp pandai pada proses penuaan pada kulit serta tentunya ini bukan hoaks.

Seperti monitor tv serta computer, monitor hp waktu beroperasi juga pancarkan cahaya biru dengan cara terus-terusan. Nah, salah satunya dampak jelek dari cahaya biru ini merupakan menganggu irama sirkadian badan lewat cara mendesak produksi melatonin yang disebut hormon perangsang tidur. Jadi, jika kamu ingin tidurmu pulas serta berkualitas, coba untuk menjauhi monitor hp waktu ada diatas tempat tidur.

Pancaran cahaya biru dengan cara alamiah memang berada di seputar kita. Cahaya biru ini adalah salah satunya sisi dari spektrum sinar yang berada di alam. Dalam sehari-harinya, kita biasanya terkena cahaya biru waktu ada diluar ruang. Sayangnya, perkembangan tehnologi membawa pancaran cahaya biru ke rumah. Kecanduan hp menyebakan badan selalu dihujani cahaya biru serta salah satunya dampak negatifnya merupakan masalah siklus tidur.

Tidak hanya masalah tidur, cahaya biru yang dipancarkan oleh monitor hp nyatanya berperan pada terjadinya penuaan awal pada kulit. Beberapa sinyal penuaan awal yang berlangsung diantaranya meningkatnya pigmentasi pada kulit, pengeriputan kulit awal serta peradangan umum pada kulit.

Meskipun studi mengenai hal seperti ini masih tetap begitu hanya terbatas, tapi dalam periode pendek, dampak negatif cahaya biru dari monitor hp telah dapat disaksikan dari pergantian yang berlangsung pada kulit, walau hal itu tidak selamanya terkait dengan proses penuaan awal.

Cahaya biru yang datang dari monitor hp memang tidak sebahaya cahaya matahari. Akan tetapi, tidak seperti cahaya UVA serta UVB yang cuma beresiko pada susunan kulit sisi atas, cahaya biru dapat masuk lebih dalam ke susunan kulit sisi bawah.

Karena dapat masuk ke susunan kulit sisi dalam, cahaya biru membuat radikal bebas yang bisa mengakibatkan kerusakan kolagen serta elastin kulit sekaligus juga mencetuskan proses inflamasi. oksidasi serta hiperpigmentasi. Cahaya biru bahkan juga bisa mengakibatkan kerusakan mikondria DNA. Ini berarti, cahaya biru bisa percepat proses penuaan kulit dari tingkat sel.

Lantas apakah yang dapat dikerjakan untuk melawan radikal bebas ini? Tentunya anti-oksidan yang dapat kamu temukan dari makanan yang kaya anti-oksidan seperti sayur serta buah buahan. Diluar itu, kamu dapat mengolesi kulit dengan produk perawatan kulit yang memiliki kandungan anti-oksidan seperti lutein serta beta karoten.

Langkah termudah kurangi masuknya cahaya biru ke kulit yaitu dengan meredupkan monitor hp serta aktifkan ‘night mode’. Kalaupun dapat, cobalah kurangi waktu ada di dekat monitor hp yang tengah menyala.

Sekalian menanti ada studi yang lebih mendalam mengenai ini, tidak ada kelirunya kita mulai kurangi paparan cahaya biru monitor hp pada kulit. Bagaimana menurutmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *